Surat Buta 2 #nulisrandom2015

Teruntuk hama semesta

Aku hanya sebagian kecil dari organisme hama, dan kini melacur dalam instansi birokrat. Di sini banyak sekali hama, dan aku salah satunya yang terikut. Walaupun berkeras hati mengasing, tapi inilah seperti hewan peliharaan yang kenyang tetap memakan bila ada makanan.

Aku bermain layaknya pembawa kebenaran, menyerukan panji – panji keadilan, menentang kejahatan. Tapi aku sendirilah kejahatan itu. Menjelma seperti tuhan yang berhak menentukan apa yang harus ditentukan. Semua menjadi hambar, perlahan hilang, nurani tak lagi singgah. Aku hanya bongkahan keterpurukan yang disebabkan hama.

Ketukan selalu saja membuatku gusar, ketukan pertama mataku tertuju pada kursi di tengah, adakah dia sedih dan banyak yang tersenyum lalu aku mulai takut. Ketukan kedua mataku mencari barisan pertama biasanya hubungan terdekat dari penduduk kursi di tengah, ada yang merontah, ada yang teriak, aku legah. Saat mereka senyum aku risaukan anak istri di rumah. Ketukan ketiga mataku lagi – lagi mencari raut wajah, dan kali ini ramai mungkin kerabat atau rekanan, mataku dan mata mereka bersahutan. Ketukan ketiga selalu saja yang terberat.

Mereka mengintai, aku harus bilang apa, sejujurnya aku lelah. Lelah yang teramat sangat. Di satu sisi bayangan putih diriku memberontak tapi di sisi lain gelap masih bercokol dalam hati. Bumi hanya persinggahan. Aku pun hanya penumpang di sini, tapi mengapa selalu saja terulang. Pencuri dan dicuri, pemerkosa dan diperkosa, pembunuh dan dibunuh. Akulah si tuan adil, dan adil hanya sebuah indikator. Terlanjur dalam.

Aku ingin kekal, dan tak mungkin.

Check tulisan my rival dalam #nulisrandom2015

Septian Hadavi
Indriani
Sejati Ayu Putri
Ririn Anindya
Tjut Nurul Habibah
Ajeng Sulistio
Mahdiyyah

Iklan

2 pemikiran pada “Surat Buta 2 #nulisrandom2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s