Surat Buta 1 #nulisrandom2015

Teruntuk siapa saja

Mungkin terlihat konyol orang akademisi sepertiku mengirim surat tak tentu arah, setidaknya bathinku tenang untuk beberapa hari ke depan. Aku hanya ingin menyampaikan terimakasihku, yang terkadang tak sempat dan terlalu egois. Tapi itu memang kewajibanmu mencari nafkah, memberikan pendidikan kepada anaknya. Sekarang aku mirip dirimu, mengabaikan perasaan mengutamakan akal sehat yang terkadang membodohi nurani.

Mengapa kali ini aku ingin sekali menyampaikan terimakasihku walaupun tak mampu. Jadi hari ini sangat mengejutkanku, saat aku masuk ke ruangan bersamaan dua orang lain yang seketika langsung duduk di sebelah kanan dan kiriku. Sudah merasa ada yang aneh, atmosfer serasa sesak. Mungkin kalau kamu diberikan umur yang panjang umurnya sama seperti kakek tua ini. Rambutnya yang putih karena zaman, matanya yang sayup namun bukan ngantuk, kemeja garis – garis lusuh. Aku langsung memikirkan dirimu. Apa salahnya.

Baru hari ini untuk pertama kalinya, benakku tergugah. Kamu harus tau, saat jaksa penuntut umum membacakan dakwaannya. Seperti ada yang menangis di sisi lain hati ini. Aku tidak seyakin kemarin ketika bertanya tentang pemahaman perkara, apakah lelaki tua ini paham atas dakwaan yang dibacakan.

Menurutmu, apakah makan, tidur, berak di rumah anaknya sendiri adalah perbuatan mencuri atau menyalahi aturan. Aku tidak kaya sehingga tidak tahu jalan pikiran orang kaya, dan tidak mengerti perihal kemewahan namun aku bersyukur. Tidak berlaku bodoh, menggugat ayah sendiri.

Sidang itu berakhir dengan ketukan paluku, dan lelaki tua tidak bersalah kemudian anaknya seakan tidak senang. Di dahinya terlihat jelas tulisan bahwa dia sangat kesal.

Tunggu aku di sana ayah, aku akan cerita banyak hal, di sini terlalu asing.

Aku mulai jenuh.

Check tulisan my rival dalam #nulisrandom2015

Septian Hadavi
Indriani
Sejati Ayu Putri
Ririn Anindya
Tjut Nurul Habibah
Ajeng Sulistio
Mahdiyyah

Tinggalkan Balasan

