XL 4G LTE #4Goodness

xl 4g lte

Terik matahari bosan melihat peluh anak jalanan, kaki kecil berjalan di gorong sekat angkutan umum. Menjinjing jajahan di keranjang penuh dengan makanan tradisional, masih penuh. Sudah setengah hari anak yang satu ini, pergi dari pintu ke pintu angkutan umum, meramah penumpang dengan senyum hampir tanpa harapan. Keranjang masih terlihat penuh.

Muadzin lantang bersenandungkan adzan, memberitahu dan mengajak menunaikan kewajiban sholat. Anak yang lain masih berhamburan di barisan angkutan umum yang terlihat berserak, ada yang melolong dengan ritme lagu, ada yang sekedar pinta belas kasihan, dan banyak lagi aktivitas anak – anak di persimpangan lalu lintas. Dia menjauh dari kerumunan gerombolan anak jalanan, bergegas berlari kecil menjinjing keranjang penuh makanan, mendekat mencari asal suara adzan. Mesjid terbuka untuk sesiapa yang mencari ridho Allah.

Keranjang penuh di tinggalnya di sudut ruangan Mesjid. Sholat ditunaikannya.

“Siapa yang jualan ini, udah lama juga gak makan jajanan tradisional, ” lelaki ini mengambil getuk dan mencomot sari kelapa yang digerus.

“Aku jadi ingat kampung halaman, ” sambil menikmati sensasi rasa khas jajanan tradisional dia terbayang kampungnya.

Dari arah belakang anak jalanan menghampiri keranjang jajahannya telah dibongkar orang lain, tidak lain adalah pembeli.

“Assalamu alaikum mas, enak getuknya, ” sapa anak pemilik keranjang tersebut.

“Enak, siapa yang buat dek, ” tanya lelaki ini masih dipegangnya sisa gigitan getuk tadi.

“Ibu saya yang buat mas, katanya sih resep keluarga, “.

“Baru datang ya, kelihatan keranjangnya masih penuh, “.

“Bukan mas, hari ini pembeli kurang, pagi tadi saya sudah berjualan” tanpa sadar keakraban terjalin antara keduanya.

“Haduh, kok bisa, padahal enak loh, biasanya kamu berjualan dimana, “.

“Hanya sekitar sini saja mas, saya kasian dengan ibu kalau jajanan buatannya ada yang tidak terjual, “.

“Mas jadi kangen ibu, “.

“Ow iya mas, saya harus pergi, jajanan masih banyak, getuk yang tadi harganya 2000 saja mas, “.

“2000 kok murah sekali, ” mengeluarkan lembaran uang, dan memberikannya ke anak jalanan ini.

“Murah pun orang kadang jarang beli mas, mereka lebih memilih makanan yang ditawarin cafe – cafe ternama, resto terkenal, mana ada yang mau beli jajanan tradisional mas, “.

“Kamu sudah sekolah? “.

“Saya pernah sekolah, tapi si ibu untuk makan sehari hari kami saja sudah banting tulang, saya gak mau sekolah lagi, buat ibu tambah kurus,” anak jalanan ini merapikan keranjangnya dan hendak melanjutkan mimpi yang tak bertepi, ” saya pergi ya mas, “.

“Eh sebentar, mas minta dibungkusin grontol satu, gatot juga, dengan yang ini, apa namanya ini? ” Lelaki ini tanpa sepengetahuan si anak, merekam aksinya membungkusi satu persatu jajanan.

“Ini tiwul mas, semuanya 10.000, “.

“Nama kamu siapa?”.

“Endra mas,”.

“Mas, Yoga. Endra berjualan di sekitar jalan ini aja kan,”.

“Iya mas, makasih banyak ya mas, “.

“Laris ya,”.

Endra si anak jalanan menjauhi Yoga, menjauhi mesjid. Kembali melanjutkan pergulatan sengit, bersama anak jalanan lainnya.

“Gaes enak banget nih, rasanya bikin nostalgia kampung halaman, masih ingat jajanan tradisional, seperti getuk, tiwul, banyak lagi deh. Semoga kalian beruntung menemukan Endra si anak jalanan penjual jajanan tradisional. Check video ini deh” jarinya masih sibuk berkelahi dengan layar smartphone 4G miliknya.

Yoga berbagi kebaikan dengan menginformasikan jajanan Endra ke semua sosial media miliknya, instagram, facebook, twitter, bahkan youtube. Dengan kecepatan transfer data yang stabil dan kencang dari XL 4G LTE, tidak perlu menunggu waktu lama untuk upload ke youtube menggunakan smartphone. Yoga telah berbagi sedikit kebaikan bersama XL 4G LTE, karena XL 4G LTE #4Goodness.

Tidak lama, hitungan menit setelah Yoga share cerita tentang jajanan tradisional milik Endra, di persimpangan lampu lalu lintas mendadak macet.

“Endra!, mas Tiwul ya bungkus, ” teriak dari arah minibus putih di sana.
“Sebentar mas, “.
“Aku grontol satu, getuknya juga, ” pesan wanita dari mobil mini coper merah muda.
“Iya mbak, sebentar, “.

Sebentar saja, jajanan Endra habis, Endra pun bisa pulang tanpa perlu sendu menatap wajah ibunya.

storiette ini diikutsertakan kontes Blog M bersama XL 4G dan mendapat tempat pertama, tulisan terkeceh. Makasih XL

Iklan

2 pemikiran pada “XL 4G LTE #4Goodness

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s